Friday 19 January 2018

OBJEK WISATA DI WAINGAPU

Kota Waingapu adalah kota kecamatan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Waingapu merupakan kota terbesar di Pulau Sumba. Populasi kota Waingapu tercatat sebanyak 52.755 jiwa. Wikipedia

Berdasarkan dari pengalaman pribadi, saya melihat waingapu sebagai surga untuk para wisatawan dengan begitu banyaknya objek wisata yang dapat dinikmati di ibu kota kabupaten sumba timur ini. Saya untuk saat ini memang tinggal di kota waingapu namun karena sehari-hari sibuk dengan urusan pekerjaan jadi belum sempat merasakan semua lokasi-lokasi yang begitu menawan di waingapu. Namun tidak sedikit juga lokasi wisata yang sudah saya kunjungi seperti pantai, air terjun, bukit, dll. Terkhisus untuk pantai di waingapu yang saya paling sukai yaitu saya bisa menikmati pantai dengan leluasa tanpa terhalangi oleh kerumunan orang atau bangunan-bangunan modern seperti pantai-pantai yang sudah ramai pengungunjung dilokasi lain. Jadi saya bisa merasakan keindahan dan suasana alam yang sesungguhnya. 

Pada kesempatan kali kni saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai objek wisata yang ada di waingapu terkhusus buat kalian yang bingung mencari lokasi wisata dan ingin merasakan susana liburan yang tenang serta bisa merasakan suasana alam yang benar-benar original.. 
http://idhamirdiansah.blogspot.co.id/2018/01/objek-wisata-di-waingapu.html 1. Bukit wairinding
Hasil gambar untuk bukit wairinding



Wairinding yang membuat tubuh merinding! Terletak di Kecamatan Pandawai atau lebih tepatnya di Desa Pambota Jara sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Sumba Timur, Bukit Wairinding ini terlihat sangat menakjubkan dengan vegetasi padang rumputnya yang sangat luas. Lanskap Bukit Wairinding yang begitu elok dan juga mempesona, membuat mata para pengunjung seperti tidak ingin berkedip dibuatnya. Hamparan padang savana yang terhampar sangat luas itu akan berwarna kuning ketika musim kemarau dan bahkan sebaliknya berwarna hijau ketika musim penghujan. Mengunjungi Bukit Wairinding ini di kedua musim tersebut pastinya memberikan kesan yang sangat berbeda. Bukit wairinding sedikit berbeda dengan bukit-bukit lainnya di Sumba Timur karna topografi alamnya didominasi oleh rangkaian pegunungan dan perbukitan yang indah jika musim penghujan hamparan padangnya berwarna hijau, sebaliknya musim kemarau hamparan padangnya berwarna kuning membuat mata para pengunjung terpesona.

2. pantai Walakiri
Hasil gambar untuk pantai walakiri 
                                                                                                                                                                    pantai Walakiri sepintas sama dengan pantai lainnya.Namun jika dicermati, ada yang unik dari pasir di pantai Walakiri. Terdapat dua jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut.Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pantai pada umumnya, yaitu butiran-butiran berwarna putih gading dan kasar. Sedangkan pasir di area bekas laut yang surut memiliki tekstur halus.Disamping hamparan pasir putih membentang juga terdapat deretan pohon kelapa dan cemara di pinggirnya, berpadu dengan birunya laut. Di sebelah barat ada rumpun pohon bakau yang akan terlihat cantik ketika matahari mulai menutup mata (sunset), momen ini biasanya yang paling ditunggu oleh para wisatawan untuk menikmati indahnya matahari tebenam dibalik rimbunnya pohon bakai yang unik dan tidak lenggap rasanya jika tidak mengabadikan momen indah seperti itu kedalam beberapa sorotan lensa.


3. Pantai Purukambera


Di Pantai Puru Kambera, anda akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang berwarna biru serta sejuknya angin laut. Keindahan Pantai Puru Kambera masih sangat alami dan bersih. Di sepanjang bibir pantai membentang pula hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang. Berteduh di bawahnya, disertai hembusan angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai merupakan kenikmatan tersendiri di pantai ini.

Ombak pantai ini juga relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga selain berenang Anda juga bisa bersnorkeling. Waktu yang tepat untuk bersnokeling adalah saat pagi hari yakni ketika air laut sedang surut. Pantai Puru Kambera masih sepi pengunjung. Jadi sangat cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan saat berlibur.


4. Air Terjun Tanggedu

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu 

Kecantikan wilayah Air Terjun Tanggedu ini terletak pada tebing-tebing batu yang mengapit aliran air jernih yang berkelok-kelok. Relief-relief tebing yang alami dan unik bisa menjadi latar yang kece saat kamu mengambil foto dari bawah tebing. Belum lagi aliran airnya yang jernih berwana biru kehijauan akan menjadi tambahan spot-spot foto di kawasan air terjun ini. Akses jalanan menuju Air Terjun Tanggedu memang belum begitu baik dan mulus. Kendaraan yang kamu bawa harus diparkirkan di rumah warga Desa Tanggedu. Perjalanan sepanjang 2,5 km pun dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Meski harus berjalan lumayan jauh, lelahmu akan terbayar dengan keindahan dan keseruan objek wisata Air Terjun Tanggedu ini.


Masih banyak lagi lokasi wisata di Waingapu yang tidak kalah indahnya namun belum sempat saya masukkan pada kesempatan kali ini. ini hanya sebahagian kecil dari banyaknya surga dunia buat para wisatawan di waingapu, Sumba Timur. 
Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi lokasi liburan kalian. Terimakasih 

No comments:

Post a Comment